27 Sep 2011

access point


Access Point yang biasa disingkat dengan AP adalah suatu tempat yang menjadi pusat dari beberapa jaringan komputer tanpa kabel (wireless). Dengan adanya AP ini, akan memudahkan pengguna untuk menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah network jaringan nirkabel. Salah satu merk access point yang populer adalah D-Link.
Dalam melakukan konfigurasi terhadap AP ini tergolong sangat mudah. Wireless G Access Point ini dirancang untuk bekerja dengan komputer yang menggunakan sistem operasi Windows, Macintosh dan Linux. Untuk melakukan konfgurasi Access Point ini, kita membutuhkan sebuah laptop / komputer dengan kartu jaringan dan didalamnya ada sebuah web browser seperti mozilla, opera, dll.
Sebelum melakukan setting dan konfigurasi, ada baiknya kita mengenal bagian-bagian dari access point D-Link :

1.      Antena : yang harus dipasangkan sebelum menghidupkan access point
2.      Tombol Reset : digunakan untuk melakukan restorasi AP kepengaturan default dari pabrik. Biasa di gunakan jika administrator lupa password.
3.       Switch selector : digunakan untuk memilih kegunaan AP ini. Bisa digunakan sebagai access point, Repeater, atau pun client.
4.       Port RJ-45 : digunakan untuk melakukan konfigurasi awal dan menghubungkan AP ke perangkat jaringan yang lain.
5.       Port power : Tempat konektor memasangkan power adaptor.
Berikut langkah-langkah dalam setting & konfigurasi Access Point :
Tahap 1 : setting & konfigurasi LAN
1.       Pasangkan Antena, kabel Power Adaptor dan kabel LAN ke port RJ-45 pada AP.
2.       Pilih mode penggunaan sebagai AP (access point).
3.        Pasangkan Kabel LAN ke computer ataupun ke laptop. Tunggulah beberapa saat.
4.       Aturlah IP pada NIC di computer anda menjadi network 192.168.0.0
Contoh : IP 192.168.0.100
5.        Bukalah web browser anda, lalu ketikkan http://dlinkap, atau juga mengetikkan IP defaultnya http://192.168.0.50
6.      Jika berhasil, akan muncul halaman login. Ketikkan pada user. Nama : admin, password dikosongkan saja, lalu tekan tombol login atau enter.
           7.      Layar set up wizard akan ditampilkan
8.      pilih konfigurasi secara manual, silahkan klik menu LAN Setuo pada menu sebelah kiri. LAN setting ini digunakan untuk menghubungkan AP dengan jaringan private kita atau nantinnya digunakan untuk melakukan konfigurasi AP ini. Ada dua pilihan, yaitu static IP dan Dynamic IP (DHCP). Jika memilih static IP, berarti kita harus mengatur sendiri IP Address, subnet Mask dan Gateway Address dari AP. Sedangkan jika memilih dynamic IP, Kita memberikan otoritas kepada AP untuk mengatur konfigurasi IP-nya, secara default akan diatur kepada IP 192.168.0.50.
9.      berikutnya, ubahlah isian pada DEVICE NAME (NETBIOS NAME) sesuai dengan keinginan. Defaultnya dlinkap, sebagai contoh saya merubahnya menjadi “smkbhakti”. Device name (nama NetBios) memungkinkan kita utk mengkonfigurasi perangkat ini lebih mudah. Karena kita dapat memasukkan nama perangkat dari AP ke web browser untuk mengakses, bukan menggunakan alamat IP. Merubah nama ini direkomendasikan jika kita memiliki lebih dari satu perangkat D-Link dalam subnet.
10.      Jika sudah diubah, klik tombol Apply Settings.

Tahap 2 : setting & konfigurasi WIFI
1.      Pilih menu wireless setup pada menu sebelah kiri.
2.      Kemudian ubahlah nama dlink pada bagian wireless Network name menjadi nama yang diinginkan, contoh : lab@bhaktiTKJ. Nama ini akan menjadi SSID pada AP.
3.      Beralihlah kebagian wireless security mode. Ada terdapat 4 mode security yg bisa diterapkan pada AP D-Link DAP-1150 ini, yaitu WEP, WPA, WPA2 dan WPA2-Auto. Silahkan dipilih salah satu mode.
4.      Klik apply setting jika mau menyimpan konfigurasi.

Tahap 3 : Pengamanan Perangkat access point
Agar orang lain tdk dpt merubah konfigurasi pada access point kita, sebaiknya AP diberikan password. Untuk melakukannya, klik menu tab Maintenance pda bagian atas. Lalu pilih device administration. Ketikkan password yg diinginkan, lalu confirm password. Klik tombol apply setting.
Access point sudah siap untuk digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar